Bautista Pembalap Dengan Lean Angel Paling Ekstrim di Laguna Seca

bautista motogp mania jual kaos motogp

Sudut kemiringan para pembalap saat menikung, selama ini dipercaya bahwa Marc Marquez dan Stefan Bradl-lah yang mampu melakukannya. Lantaran keduanya adalah pembalap yang cukup intens menikung dengan cara yang ekstrim, yaitu dengan menyentuhkan knee slider dan juga sikut mereka ke permukaan lintasan.

Tapi kalau bicara tentang sudut kemiringan motor (lean angle) di Sirkuit Laguna Seca, Amerika, baik Marquez ataupun Bradl bukanlah pembalap yang mampu membuat hal seperti itu. Namun Alvaro Bautista yang sepanjang balapa pekan lalu itu mengejar Valentino Rossi, yang justru mampu melakukannya.

Tidak seperti di sirkuit-sirkuit lain, Laguna Seca memang menawarkan sudut camber sirkuit terutama di tikungan-tikungannya, cukup besar. Sehingga pembalap yang punya ambisi dan nyali lebih besar untuk mencoba kecepatan yang di atas rata-rata saat menikung, masih bisa melakukannya.

Ketika dilakukan pengukuran dari data yang ada, sudut kemiringan motor ketika Bautista menikung bisa mencapai 63 derajat dari titik nol tegak. Bahkan dari bantuan grafis televisi yang ada, ada beberapa gambaran sudut kemiringan yang dicetak Bautista. Yaitu 60 derajat ke kiri, lalu 35 derajat ke kanan, 62 derajat ke kiri, 59 derajat ke kanan, 62 derajat ke kiri, 63 derajat ke kanan dan 55 derajat ke kiri

“Pertengahan tahun 1960, para pembalap di ajang balap Daytona mulai memamerkan cara menikung yang ekstrim. Tapi sekarang, para pembalap sudah menikung pada kecepatan 170 hingga 190 km per yang membuat pelindung lutut dan sikut mereka terkikis oleh permukaan aspal,” jelas Earl Hayden, yang merupakan mantan pembalap dan juga bapak Nicky Hayden.

“Petengahan tahun 1970, para pembalap sudah mulai menyentuhkan pelindung lutut ke aspal. Dimana tahun itu, mereka menggunakan potongan visor motor lalu ditempelkan di lutut. Lima tahun lalu pembalap mulai bisa merapatkan sikut ke lintasan. Tapi sekarang beberapa pembalap bertalenta terlihat merapatkan bahunya ke lintasan,” timpal Lucio Cecchinello, bos tim LCR Honda.

Bahkan Jeremy Appleton dari Alpinestars menegaskan bahwa pembalap seperti Marquez teratur menghabiskan pelindung sikutnya dengan cepat. Ya, memang sulit melihat dengan mata telanjang, tapi dari hasil rekaman di televisi juga beberapa foto, hingga data dari tim, menjadi bukti semua aksi ekstrim itu.

Sumber: Lantaklaju.com

———————-

Dapatkan t shirt design motogp dengan berbagai model kaos dan desain berkualitas. Untuk Order dan Pemesanan hubungi Kami via SMS / Call / Whatsapp / Line / Kakao Talk di Nomor 081218610243 atau order via email ke: tshirtmotogp@yahoo.com. Kami siap melayani kebutuhan motogp mania semua untuk order dan memesan kaos  / tshirt motogp yang special kami sajikan untuk para motogp mania Indonesia dimanapun Anda berada. Informasi lebih lengkap, KLIK DISINI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s